home

Sabtu 16 Sep, 2017

Obat Rematik

Obat RematikRematik atau osteoartritis yaitu penyakit sendi degeneratif dimana terjadi kerusakan tulang rawan sendi yang berkembang lambat dan berhubungan dengan usia lanjut, namun pada zaman sekarang ini, bukan hanya menyerang usia lanjut saja tetapi usia remaja, bahkan anak muda saat ini ada yang merasakan penyakit seperti ini, terutama pada sendi besar yang menanggung beban.

Rematik dapat menyerang hampir semua sendi, tetapi yang paling sering diserang adalah pada sendi dipergelangan tangan, buku-buku jari lutut dan engkel kaki. Sendi-sendi lain yang bisa diserang termasuk di sendi tulang belakang, pinggul, leher, rahang, bahu dan bahkan sambungan antar tulang sangat kecil di telinga bagian dalam. Rematik juga dapat mempengaruhi organ tubuh seperti jantung, kulit, paru-paru dan pembuluh darah.

Serangan rematik biasanya simetris yaitu menyerang sendi yang sama di kedua sisi tubuh, berbeda dengan osteoartritis yang biasanya terbatas pada salah satu sendi. Sehingga penyakit seperti ini diperlukan obat yang tepat untuk mengobatinya, termasuk pengobatan secara tradisisonal yang merupakan obat asam urat atau rematik tanpa bahan kimia. Sakit rematik dapat berpindah-pindah tempat dan bergantian bahkan sekaligus di berbagai persendian. Kekakuan sekitar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari. Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan. Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan.

Berbahayakah penyakit rematik?

Penyakit rematik merupakan salah satu penyakit degeneratif yg sering menyerang di kala usia mulai senja, jika penyakit rematik ini dibiarkan tanpa pengobatan bisa berakibat pada kelumpuhan secara permanen di usia senja.

Ahli rheumatologi dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, dr. Andry Reza Rahmadi, SpPD, M.Kes menjelaskan rematik sendiri disebabkan oleh imun yang menyerang kembali bagian tubuh normal, biasanya menghasilkan zat IL-6 atau penanda nyeri nya cukup tinggi. “IL-6 ini dihasilkan oleh sel darah putih. Harusnya sel darah putih menyerang yang jahat, mereka malah balik menyerang bagian tubuh yang sehat dan normal,”

Kemudian beliau melanjutkan penjelasannya bahwa jika rematik tidak segera ditangani, rasa nyeri pada sendi bisa semakin parah dan menganggu kehidupan pasien. “Bahkan bisa lumpuh,”

Gejala Rematik yang serius

Nyeri dada. Gejala ini terjadi ketika adanya serangan jantung, karena resiko gagal jantung dan serangan jantung akan meningkatkan pada orang pada rheumatcid arthritis, karena rematik ini memperngaruhi otot-otot serta pembuluh darah jantung.
Kaki dan tangan sulit digerakkan. Hal ini bisa terjadi ketika rematik berlanjut menjadi parah dan mempengaruhi saraf, tapi untuk hal seperti ini memang merupakan gejala rematik yang jarang.

Bintik-bintik merah. Ketika peradangan pembuluh darahkecil terjadi, maka jaringan mengalami kerusakan yang ditandai dengan munculnya bintik hitam atau merah kecil baik itu di kulit maupun muncul disekitar kuku. Jika hal seperti ini muncul menandakan bahwa penyakit reamatik sudah parah.

Gangguan pada mata. Rheumatoid arthritis juga mempengaruhi pembuluh darah didalam mata. Hal ini terjadi terutama pada orang dengan penyakit stadium lanjut.

Gangguan lambung. Jika lambung terganggu, maka akan ditandai dengan nyeri di perut, mual atau muntah berdarah dan buang air besar berdarah degan tinja berwarna hitam.

Fraktur. Peradangan pada rheumatoid arthtritis dapat menyebabkan keropos tulang. Patah tulang pada pasien rematik mungkin karena osteoporosis terutama terjadi pada wanita.

Berikut ini beberapa Makanan dan Minuman yang sebaiknya tidak di konsumsi berlebihan ataupun lebih baik dihindari oleh penderita Rematik : Tomat, Masakan bersantan, Produk Olahan Melinjo, Makanan Kaleng : Sarden, kornet sapi, Daging Merah serta Organ dalam Hewan, Ikan bertempurung, Minyak Sayur, Kafein. Berikut ini beberapa Bahan Alam yang merupakan Ramuan Tradisional untuk Mengobati Rematik : Daun sirsak, Daun Kelor.

============================================